fbpx

Penerjemah Freelance

Tips-Tips Memulai Karir sebagai Penerjemah Freelance

Penerjemah Freelance – Akhir-akhir ini profesi Penerjemah Freelance baru saja mengalami tiga perubahan yang sangat penting mulai seperti profesionalisasi,globalisasi, dan spesialisaasi. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, para penerjemah lebih sering bekerja dilingkungan lokal, dan mengirim hasil terjemahannya secara langsung kepada klien. Dengan adanya kemajuan internet dan email profesi penerjemah kini lebih mudah dikerjakan dan mulai menggloba keseluruh dunia inil.

Akan tetapi disatu sisi hal ini berarti penerjemah bisa mmencari klien dari seluruh dunia, akan tetapi disis lain mempunyai arti bahwa penerjemah memiliki basis data penerjemah yang lebih banyak, sekaligus meningkatkan level persaingan diantara para penerjemah, begitu pula dengan penerjemah freelance. Berdasarkan surve yang telah dilakukan bahwa sebagian besar syarat penerjemah memiliki pengalaman 2 hinggu 5 tahun dalam bidang bahasa.

Untuk menjadi seorang Penerjemah Freelance dibutuhkan beberapa tips mudah memulai karir sebagai penerjemah freelance. Disini ada 4 tips dalam memulai karir tersebut antara lain: Langkah pertama adalah mempertimbangkan apakah kamu dapat melakukan penerjemahan dengan serius dan bertanya kepada diri sendiri yang meliputi: Apakah kamu siap untuk bekerja dari rumah? Apakah kamu akan merasa kesepian? Apakah kamu memang sungguh-sungguh berminat pada penerjemahan? Apakah penerjemahan termasuk langkah karir jangka panjang atau hanya sebagai pengisi kekosongan-kekosongan pada saat menganggur?

Setelah menanyakan seperti di atas pada diri sendiri, selanjutnya yang harus kita lakukan itu adalah menjadi penerjemah lepas. Penerjemah yang Freelance merupakan karir yang menarik dan menguntungkan. Namun hanya sesuai bagi tipe orang tertentu saja, biasanya bagi orang yang mempunyai keragaman keterampilan berbahasa, berkomitmen profesional serta mempunyai ketajaman berbisnis. Memulainya merupakan bagian paling tersulit.

Penerjemah Freelance di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

Persaingannya sangat tinggi dan perusahaan-perusahaan yang mencari tenaga yang biasanya memiliki penyediaan jasa pilihan dan sebagian dari mereka membuka pintu bagi para pencari kerja lepas. Seharusnya harus memiliki tekad yang kuat dan motivasi yang kokoh. Untuk langkah kedua agar kamu menjadi penerjemah lepas kamu harus: Memiliki standar pendidikan tinggi, gelar sarjana (termasuk persyaratan minimum tetapi tidak selalu sedemikian halnya).

Sangat mahir kedalam dua bahasa dan berpengalaman tinggal di negara kedua bahasa, memiliki keterampilan menulis yang amat baik dalam bahasa sasaran, memiliki pengalaman kerja profesional atau kualifikasi sebagai penerjemah, memiliki keterampilan Teknologi Informasi yang cukup dan mampu mengoperasikan perangkat-perangkat lunak umum seperti Microsoft Office.

Selain itu tentunya tidak semua biro mengharuskan kemahiran dalam menggoperasikan alat bantu penerjemahan utama seperti TRADOS, Wordfast, Across, MemoQ, atau sejenisnya. Kemudian langkah yang ketiga adalah agar dapat berada di posisi yang memungkinkan Anda untuk mulai bekerja sebagai penerjemah lepas, Anda akan memerlukan (minimal): PC/komputer dengan memori yang layak, koneksi Internet yang cepat, saluran telepon (meskipun Anda sekarang dapat menggunakan perangkat lunak seperti Skype yang menawarkan saluran telepon ),bahan referensi seperti kamus, dan lainya.

Dan langkah yang terakhir adalah kita harus berfikir tentang bagaimana kita mendapatkan pekerjaan tersebut? Agar kita mendapatkan pekerjaaan tersebut kita harus menyiapkan beberapa hal antara lain: Susun CV yang bagus, menyusun surat pengantar yang mencantumkan kualifikasi, latar belakang, ketersediaan, tarif dan kapasitas harian.

Kemudian selanjutnya kirim semuanya ini ke biro Penerjemah Freelance, perusahaan lokal, biro perekrutan ahli, dewan lokal, dinas imigrasi, dll. Pada dasarnya bagi siapapun yang mungkin membutuhkan jasa penerjemah, kamu juga bisa menemukan pekerjaan melalui situs lowongan penerjemahan seperti Proz, Translators Cafe, atau sejenisnya. Itulah tips memulai karir Sebagai Penerjemah Freelance.

× How can I help you?