Cara Menemukan Jasa Penerjemah Resmi

Cara Menemukan Jasa Penerjemah Resmi – Anda sedang mencari penerjemah resmi dokumen? Ini memang susah-susah gampang. Karena, dokumen resmi atau bisnis harus dijaga akan kerahasiaannya. Jadi bukan sembarang orang dapat melihat. Jadi apabila diberikan kepada sembarang penerjemah akan berbahaya. Apalagi jika memberikan dokumen penting untuk penerjemah yang kerjaannya melempar pekerjaan ke penerjemah lain. Mengapa ini jadi bahaya? Karena, dokumen Anda akan tersebar ke banyak orang. Dokumen penting itu akan dibaca oleh masyarakat seperti halnya brosur. Apabila penerjemah yang kita pekerjakan dapat dipercaya maka tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika salah dalam memilih penerjemah?

Jasa Penerjemah Resmi

Ketika mencari penerjemah resmi dokumen memang haruslah berhati-hati. Lebih baik Anda mencari latar belakang jasa terjemahan terlebih dahulu. Bagus juga apabila memilih penerjemah yang bisa memberikan janji untuk menjaga kerahasiaan dokumen yang kita miliki. Berikut adalah tips Cara Menemukan Jasa Penerjemah Resmi :

1. Penerjemah Bersertifikat

Penerjemah resmi pastinya harus bersertifikat. Karena, sertifikat adalah salah satu pengakuan akan skill. Jadi lembaga yang memiliki sertifikat dapat dikatakan sudah diakui keahliannya. Jika sudah bersertifikat ini, berarti lembaga tersebut telah lolos dalam seleksi yang dilakukan oleh pihak berwenang. Lembaga bersertifikat bisa juga dikatakan sebagai lembaga yang profesional. Karena untuk mendapatkan sertifikat membutuhkan beberapa persyaratan. Salah satunya terkait kualitas dan juga kuantitas dalam bidang terkait. Apalagi di Negara-negara yang saat ini telah menganut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Apabila keahlian tidak dibuktikan dengan adanya pengakuan dari lembaga berwenang, maka sulit untuk dipekerjakan. Hal tersebut sesungguhnya sudah diterapkan dalam beberapa Negara maju.

Namun masih menjadi hal yang asing di Negara kita ini. Namun sekarang sudah banyak yang menyadari akan pentingnya pengakuan lembaga dengan dibuktikan sertifikat. Termasuk supaya bisa mengetahui penerjemah resmi atau bukan. Sampai hari ini, sertifikasi yang berhubungan dengan penerjemah di Indonesia misalnya Tes Sertifikasi Nasional (TSN). Sertifikasi ini telah resmi diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Kemudian ada juga Ujian Sertifikasi Penerjemah (UKP). Sertifikasi lembaga ini dikeluarkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). Selain jasa penerjemah tersedia di dalam negeri, ada juga beberapa sertifikasi yang dikeluarkan dari luar negeri. Contohnya NAATI atau AUSIT di Australia, ATA di Amerika. Apabila Anda mau menerjemahkan pastikan mereka bersertifikat dengan menunjukkan seritifakat mereka.

2. Melakukan Pekerjaan Dengan Profesional

Setiap lembaga penerjemah resmi pasti mempunyai cara kerja yang profesional. Apakah yang dimaksud dengan cara kerja secara profesional? Ada kesepakatan yang tidak akan pernah dilanggar, kecuali ada suatu hal yang memang benar-benar darurat. Mulai dari masalah deadline, mahar yang ditetapkan, sampai dengan kualitas hasil pekerjaan. Deadline yang telah ditetapkan akan menjadi garis akhir dari pengerjaaan seorang penerjemah yang memang profesional. Artinya, apabila telah disepakati tanggal selesai pengerjaan, maka pesanan pun juga akan dikirimkan pada hari itu juga. Hasil kerjanya juga berkualitas. Artinya dapat dipertanggungjawabkan. Mengenai tata bahasa yang baik, bahasa yang mudah dimengerti, dan tidak akan bermasalah apabila kemudian diajukan kepada lembaga legalisasi atau lembaga pendidikan.

3. Menerima Kritik dan Saran

Demi kepuasan pelanggan, biasanya lembaga memang harus terbuka akan kritik dan saran. Jadi apabila ada yang tak sesuai ada jaminan untuk direvisi. Demikianlah tadi beberapa tips mengenai Cara Menemukan Jasa Penerjemah Resmi secara tepat. Semoga bisa membantu pekerjaan Anda.

Update seputar Solusi Terjemah

Jadilah orang yang pertama tahu tentang edisi terbaru kami
dan dapatkan undangan eksklusif ke acara kami.

Solusi Penerjemah © 2019. All rights reserved.

× How can I help you?